SEMAKIN NAMPAK KESEMPURNAAN ISLAM


Tidak ada satupun yang terjadi di muka bumi ini melainkan Islam telah memberi jawaban dan solusi, sebab Al Quran Al Karim dan As Sunnah tidak akan pernah usang dimakan zaman. Maka tugas kita sebagai muslim, adalah mengkaji dan mendalaminya berdasarkan kaedah-kaedah syariat yang telah ditetapkan.

Disaat wabah virus covid-19 ini mewabah di berbagai negara, maka sebagian negeri pun segera melakukan tindakan lockdown, atau isolasi wilayah, yang diluar wilayah tidak diperbolehkan masuk ke dalam wilayah yang terkena wabah, dan yang di dalam tidak diperbolehkan keluar.

Sesungguhnya metode ini telah diajarkan oleh Baginda Rasulullah ﷺ .

Dalam sebuah hadits yang sahih, Rasulullah ﷺ bersabda:

” إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلَا تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا مِنْهَا ”

“Apabila kalian mendengarkan terjadinya wabah tha’un di sebuah negeri, maka jangan kalian memasukinya, dan apabila terjadi di sebuah negeri dan engkau berada di dalamnya, maka jangan engkau keluar darinya.”
(Muttafaq Alaihi)

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab sahihnya, bahwa tatkala Umar bin Khattab رَضِيَ اللهُ عَنْهُ hendak berangkat menuju Negeri Syam, sampai kepada Beliau berita tentang wabah Tha’un yang menyebar di negeri tersebut. Maka Beliau pun membatalkan niatnya untuk mendatangi wilayah itu, dan beliau mengatakan: “Kami berlari dari satu takdir Allah ﷻ menuju kepada takdir Allah ﷻ “, maksud Beliau, bahwa apa yang beliau lakukan untuk tidak mendatangi wilayah yang terinfeksi wabah tersebut, merupakan bentuk mengambil sebab-sebab yang diperbolehkan dalam syariat untuk menghindarinya, dan itu termasuk bagian dari takdir Allah ﷻ .

Lalu tatkala Abdurrahman Bin ‘Auf رَضِيَ اللهُ عَنْهُ menyampaikan kepada Umar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ hadits tersebut di atas, Beliau pun semakin mantap dengan sikapnya dan memuji Allah ﷻ atas hal itu.

Subhanallah, inilah Islam, yang setiap hukumnya merupakan wahyu yang datang dari sisi Allah ﷻ, yang Maha Mengetahui apa yang menjadi kemaslahatan hamba-hambaNya di setiap masa.

Allah ﷻ berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.“
(QS. Al Maidah:3)

Berkata Al Allamah As Sa’di رَحِمَهُ اللهُ :

“Oleh karenanya, Al Quran dan As sunnah sudah sangat mencukupi dalam menjelaskan hukum-hukum agama ini, baik ushul (perkara inti) maupun furu’ (cabang) nya. “
(taisir Al Karim Ar Rahman).

Mari kita semangat untuk mengkaji Al Quran dan As Sunnah.


✍🏻 Askary Bin Jamal

3,184 total views, 1 views today