4. MANUSIA BERLUMUR DOSA


Apa saja yang terjadi di alam ini, gempa bumi, banjir, Tsunami, gunung meletus, demikian pula wabah virus yang menyebabkan terjadinya korban dalam jumlah yang besar, bukanlah sekedar fenomena alam yang terjadi begitu saja, namun itu semua terjadi berdasarkan kehendak Sang Maha Pencipta, Allah ﷻ .

Allah ﷻ berfirman:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
“Tidaklah satu musibah yang terjadi di muka bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, melainkan semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.”
(QS.Al-Hadid:22)

Diantara tujuannya, agar manusia menyadari bahwa sungguh mereka telah melampaui batas dengan perbuatan kekafiran dan kemaksiatan yang mereka perbuat, dan semoga bencana yang menimpa mereka menjadi peringatan yang menyadarkan mereka dari perbuatan itu.

Firman Allah ﷻ :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ
“Dan musibah apa pun yang menimpa kamu, maka itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).”
(QS.Asy-Syura:30)

Demikian firman-Nya:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
” Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”
(QS.Ar-Ruum:41)

Kemaksiatan semakin marak, perbuatan zina, homo seks, lesbi, dilakukan secara terang-terangan tanpa rasa malu, ditambah lagi perbuatan sebagian manusia yang melakukan trans gender, mereka merubah ciptaan Allah ﷻ . Apakah mereka menyangka bahwa Allah ﷻ lalai dari apa yang mereka perbuat?.

Firman Allah ﷻ :

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيهِ الْأَبْصَارُ

“Dan janganlah engkau mengira, bahwa Allah lengah dari apa yang diperbuat oleh orang yang zhalim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak.”
(QS.Ibrahim:42)

Rasulullah ﷺ bersabda:

لَمْ تَظْهَرِ الْفَاحِشَةُ فِى قَوْمٍ قَطُّ حَتَّى يُعْلِنُوا بِهَا إِلاَّ فَشَا فِيهِمُ الطَّاعُونُ وَالأَوْجَاعُ الَّتِى لَمْ تَكُنْ مَضَتْ فِى أَسْلاَفِهِمُ الَّذِينَ مَضَوْا
“Tidaklah perbuatan keji (zina, dan yang semisalnya) pada satu kaum, hingga mereka melakukannya secara transparan, melainkan akan menyebar pada mereka wabah tha’un dan berbagai macam penyakit yang belum pernah terjadi di masa- masa sebelumnya.”
(HR.Ibnu Majah)

Lebih dari itu, banyaknya praktek kesyirikan terjadi di tengah-tengah umat ini, berdoa kepada orang mati, menyembah kubur, tawaf di kuburan, membuat sesaji untuk setan- setan yang dalam anggapan mereka sebagai dewa pelindung dari bencana, dan lain sebagainya. Wajib bagi kaum muslimin untuk menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar, mengajak manusia kepada kebaikan, dan mencegahnya dari melakukan kemaksiatan. Bila tidak, maka disaat bencana itu datang, maka siapapun bisa saja terkena, tanpa membedakan antara yang taat dan yang bermaksiat.

Rasulullah ﷺ bersabda:

« إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوُا الْمُنْكَرَ لَا يُغَيِّرُونَهُ، أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللَّهُ بِعِقَابِهِ»
“Sesungguhnya manusia jika melihat kemungkaran lalu mereka tidak merubahnya, maka Allah ﷻ menurunkan siksaannya yang meliputi mereka seluruhnya.” (HR. Ibnu Majah)

Ya Rabbi, berilah taufik kepada umat ini agar kembali ke jalanMu.



✍🏻 Askary Bin Jamal

2,374 total views, 1 views today