Sifat-Sifat Wanita Shalihah

صفات المرأة الصالحة

flowerKarya: Ummu Abdillah bintu Asy Syaikh Muqbil al Wadi’iyyah Hafidzahallah

بسم الله الرحمن الرحيم

Muqaddimah penulis

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد الأمين، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن يكون محمد عبده ورسوله. أما بعد:

فإن أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار.

Sesungguhnya Allah ta’ala menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepadaNya saja,. Sebagaimana firman Allah ta’ala:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُون

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah kepada-Ku.” Adz Zariyat:56.

Bahkan Allah ta’ala menciptakan langit dan bumi yang keduanya lebih besar penciptaannya dari manusia. Sebagaimana nash tersebut disebutkan oleh Allah ta’ala didalam kitab-Nya yang mulia dalam surah Ghafir:

لَخَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَكْبَرُ مِنْ خَلْقِ النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” Qs. Ghafir :57

Maka Allah ta’ala menciptakan langit dan bumi dengan tujuan untuk menegakkan agama dan syariatNya, sebagaimana firman Allah ta’ala :

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ۚ ذَٰلِكَ ظَنُّ الَّذِينَ كَفَرُوا ۚ فَوَيْلٌ لِلَّذِينَ كَفَرُوا مِنَ النَّارِ

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka.” Qs. Shod:27.

Dan firmanNya :

مَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ وَالَّذِينَ كَفَرُوا عَمَّا أُنْذِرُوا مُعْرِضُونَ

“Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan orang-orang yang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka.” Qs. Al Ahqaf : 3

Dan firmanNya:

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِينَ

“Dan tidaklah Kami ciptakan Iangit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dengan bermain-main.” Qs. Al anbiya:16

 

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang lainnya,yang tidaklah demikian itu kecuali untuk menjelaskan keadaan mulianya ubudiyah Allah subhanahu wata’ala.

Dan tidaklah terwujud bagi seorang mukmin dan mukminat ibadah yang shahih serta sifat-sifat yang mulia, kecuali dengan menempuh jalan lurus, metode yang tegak, dan berpegang teguh dengan syariatNya yang mulia.

Oleh karena itu, setelah beristikharah kepada Robbku yang maha mulia, maka aku mengumpulkan sifat-sifat wanita yang shalihah yang terdapat didalam Alkitab dan Assunnah, agar dengan idzin Allah, menjadi penolong bagi diriku dan bagi wanita-wanita shalihah agar senantiasa berbekal untuk akhiratnya kelak. Dan ini juga sebagai pencegah bagi kita dari jalan bid’ah, dan yang menyelisihi syariat. Karena sesungguhnya manusia senantiasa berada dalam keshalihan atau keluar dari ketaatan kepada Allah, atau boleh jadi dia dalam keadaan kebahagiaan atau didalam kesengsaraan.

Ya Allah, sertakanlah kami bersama orang-orang yang shalih….

Dan sungguh Allaah ta’ala telah memberikan kemudahan berkat keutamaanNya bagiku dalam menyebutkan beberapa kalimat yang baik berupa dalil-dalil, dan aku tidak menganggap telah menyebutkan seluruh nash yang berkaitan dengan pembahasan ini.

Namun berkat anugrah dari Allah subhaanahu wa ta’ala, meskipun aku tidak menyebutkan secara nash, jelas, dan harfiah pada sebagian sifat-sifat tersebut, namun pada hakikatnya kitab ini telah mencakup secara isyarat dan pemahaman yang terkandung di dalam nash tersebut, karena sebagian judul pembahasan bersifat umum, seperti:

 

berpegang teguh dengan sunnah,

beramal dengan ilmu,

peringatan dari perbuatan maksiat,

bersegera didalam perbuatan kebaikan,

peringatan dari mengikuti hawa nafsu,

menetapi golongan yang selamat,

ketakwaan,

beradab dengan adab-adab yang syar i,

dan yang selainnya.

 

Bersama dengan itu pula, di dalam cetakan yang akan datang InsyaAllah, akan ada tambahan-tambahan dengan daya dan kekuatan dariNya.

Dan tidak tersamarkan bagi kebanyakan orang, apa yang menjadi tujuan musuh-musuh Allah, dan orang-orang yang tertipu, sepanjang masa dari sikap menggembosi manusia dari perbuatan kebaikan dan menampakkan diri seolah-olah memiliki sifat orang-orang yang shalih.

Dan mengajak untuk merusak para wanita serta menghalangi mereka dari meraih keselamatan dari segala perkara yang buruk dan di benci di dalam syariat.

Dan hal ini banyak yang menyebar diantara kalangan wanita, karena kurangnya akal dan agamanya.

Dan lebih bertambah parah lagi mereka bersemangat menjadikan teman-teman yang fasik dalam hal tersebut sebagai teman duduk.

Dan juga banyaknya kelalaian dari para wali kepada keluarganya dan (lalai pula-pent) penjagaannya terhadap mereka.

Hingga jadilah para wanita tersebut sebagai sebab kerusakan dan kehancuran.

Maka semoga Robb- ku memberikan manfaat untuk wanita-wanita yang lalai yang masih terlena, dengan sifat-sifat ini, yang diambil dari kitab Allah dan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam,

sebagaimana aku berharap dari Robb ku untuk senantiasa memberikan manfaat kepadaku dan seluruh saudara-saudaraku yang shalihah.

Dan Allahlah tempat meminta pertolongan dan kepadaNya kita bertawakkal,dan tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah.

…والحمد لله رب العالمين

Maka tiba masanya memasuki inti pembahasan kita, dan memulai berdasarkan apa yang kami inginkan, dan kepada Allah kita bertawakkal.

Dan aku memulainya InsyaAllah dengan menjelaskan pengertian “shalih” dan keutamaan orang-orang yang shalih, serta sedikitnya jumlah mereka, dan yang selainnya, sebelum kita masuk ke pembahasan tentang Sifat-sifat (wanita shalihah-pent).

Dan Allah lah yang memberi taufik.

 

Ditulis oleh:

Ummu Abdillah bintu Asy syaikh Muqbil al wadi’iy.

15 Ramadhan 1432 H.

——

Diterjemahkan kembali dari majelis Al ustadz Askary hafidzahullah

Oleh: Ummu Aiman Hafidzahallah, pada 08 Shofar 1437 H / 20 November 2015

Sumber : http://salafiyyaatbpp.blogspot.co.id/