Metode dalam menuntut ilmu

πŸ’Ž Al-‘Allamah Ibnu ‘Utsaimin rahimahullahu ta’ala berkata :

πŸ–‹πŸ“œ “Secara ringkas, metode dalam menuntut ilmu menjadi beberapa catatan :

πŸ“– Bersemangatlah dalam menghafal kitabullahi ta’ala dan buatlah suatu target untuk engkau berkomitmen dalam membacanya setiap hari, hendaknya bacaanmu disertai dengan mentadabburi dan memahami (makna-maknanya). Apabila engkau menemukan suatu faidah ketika sedang membacanya, maka catatlah faidah tersebut.

πŸ“– Bersemangatlah dalam menghafal apa yang mudah bagimu berupa hadits shahih tentang sunnah Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam, diantaranya adalah menghafal kitab ‘Umdatul Ahkam.

πŸ“– Bersemangatlah untuk fokus dan kokoh dimana engkau tidak mengambil ilmu dengan sembarang cabut, dari sini cabut sesuatu, dari situ cabut sesuatu. Karena yang demikian ini hanya akan mencerai beraikan pikiranmu.

πŸ“– Mulailah dengan kitab-kitab kecil, dan perhatikanlah dengan seksama. Lalu beralihlah menuju kitab lanjutan berikutnya sampai engkau mendapatkan ilmu sedikit demi sedikit dengan cara yang bisa kuat menancap dalam hatimu dan jiwamu tenang dengannya.

πŸ“– Bersemangatlah dalam upaya mengenal pokok-pokok permasalahan beserta kaidah-kaidahnya, dan catatlah setiap faidah yang kau dapatkan dalam hal ini. Sungguh, telah dikatakan : “Barangsiapa diharamkan dari ushul (pokok), maka ia juga diharamkan dari wushul (permasalahan hasil dari ushul)”.

πŸ“– Diskusikanlah permasalahan-permasalahan ilmu tersebut bersama gurumu, atau bersama seseorang yang engkau percaya akan keilmuan dan agamanya diantara kawan-kawan setingkatmu. Walaupun terbersit dalam pikiranmu bahwa engkau akan berdiskusi dengan seseorang yang tidak termasuk kriteria yang kami sebutkan.”



πŸ“– [Kitabul ‘Ilmi, hal: 92]




🌏 Telegram: @Askarybinjamal | @Audiothalabilmusyar_i

23,531 total views, 1 views today