UCAPAN TERIMA KASIH UNTUK TENAGA MEDIS



Semenjak munculnya virus covid-19 ini, para petugas kesehatan pun turut berjibaku dalam upaya melakukan perawatan terhadap para pasien yang terinfeksi virus ini, mereka berada di garda terdepan untuk menyelamatkan ratusan bahkan ribuan nyawa manusia, dalam keadaan mereka sendiri rentan terancam jiwanya disaat mengerjakan tugas yang berat ini, bahkan diantara mereka telah ada yang terinfeksi dan gugur di medan tempur menghadapi virus covid-19 ini.

Sungguh merupakan tugas yang sangat berat. Diantara kesulitan yang mereka hadapi pula:

1. Mereka diharuskan memakai apd (alat pelindung diri) yang biasa disebut hazmat suit (Hazedhazardous materials suit) yang tentu terasa sangat sulit dan membuat gerah, selama mengenakannya, mereka masih harus berpuasa selama 6 jam, tidak boleh makan atau minum. Selama 6 jam itu pula, mereka menahan lapar dan dahaga, bahkan tidak boleh buang air kecil.

2 Mereka kesulitan untuk mengerjakan shalat dengan sempurna, sehingga mereka menjamak shalat mereka, dan bahkan disaat-saat tertentu mereka mengerjakan shalat tanpa bisa berwudhu.

3 Mereka harus siap dijauhi keluarga dan kerabat lantaran adanya stigma bahwa tenaga medis berpotensi jadi pembawa virus itu.

Belum lagi kelelahan, stress, dan perasaan sedih yang mereka rasakan. Namun, hendak para tenaga medis itu bersabar, dan meniatkan dalam melakukan tugas yang mulia tersebut, dengan penuh keikhlasan dan mengharapkan ridha Allah ﷻ , dan meyakini bahwa apa yang mereka lakukan akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda di sisi Allah ﷻ .

Allah ﷻ berfirman:

وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا
“Barangsiapa yang menghidupkan satu jiwa, maka seakan- akan dia telah membuat hidup seluruh manusia.”
(QS.Al-Maidah:32)

Diriwayatkan dari Imam Mujahid Rahimahullah, bahwa makna menghidupkan adalah: menyelamatkannya dari tenggelam, kebakaran, reruntuhan atau kebinasaan.” (lihat tafsir Ath Thabari)

Nasehat untuk kita sebagai masyarakat: hargai perjuangan mereka, doakan kebaikan untuk mereka, semoga mereka senantiasa diberi taufik dan kebaikan oleh Allah ﷻ . Kita harus menyadari, bahwa perjuangan mereka bukanlah hal yang mudah ..


✍🏻 Askary Bin Jamal

2,540 total views, 5 views today